Desain Interior, Kontraktor & Furniture Jember
Hubungi kami: +62 -822 3644 4481 atau +62-812 3320 1275
24th Jan 2018 | by: admin

Salah satu kegiatan yang identik dengan para ibu rumah tangga adalah memasak. Memasak ini bukan hanya sekedar hobi saja, tapi juga merupakan suatu kewajiban dan kebutuhan. Karena dapur digunakan setiap hari, tentu harus didesain sebaik mungkin mulai dari urusan denah, tata letak perabotan, hingga peralatan yang multifungsi.

Setelah memahami desain kitchen yang akan di gunakan, seperti apa sih teori desain dapur masak efisien yang menjadi favorit para ibu? Simak langsung pembahasannya berikut ini!

Untitled-1

1. Jarak untuk jalur lalu-lalang pada desain dapur

Pintu yang berada di area dapur masak setidaknya berukuran sekitar 80 cm dan perhatikan lokasi menempatkannya. Ketika pintu dibuka, pastikan pintu tersebut tidak mengenai perabotan masak. Pada area memasak, pastikan ruang untuk berdiri dan berjalan memiliki jarak sekitar 106 cm dari kompor untuk kenyamanan dan keamanan.

2. Posisi tempat cucian, kompor, dan kulkas pada dapur masak

Dalam konsep kitchen work triangle, tiga benda yang wajib ada di dapur masak adalah tempat cucian, kompor, dan kulkas karena selalu digunakan untuk memasak. Meletakkan ketiga benda tersebut dalam jarak yang dekat akan memudahkan untuk mengambil dan memindahkan perlengkapan masak. Dengan demikian, Anda tidak perlu berjalan jauh untuk berpindah dari kulkas ke area kompor atau tersenggol panci panas saat hendak beralih dari kulkas ke tempat cucian.

3. Penggunaan meja pada dapur masak

Meja pada dapur masak berfungsi sebagai area untuk menyiapkan bahan makanan, memotong bahan makanan, serta menata masakan di piring. Jika diletakkan bersebelahan dengan tempat cuci, berilah jarak sekitar 60 cm agar air kotor tidak terciprat ke area meja dapur. Jika diletakkan bersebelahan dengan kompor, berilah jarak sekitar 60 cm dari meja dapur masak.

4. Tempat duduk pada dapur masak

Sebagian dapur ada yang memiliki tempat duduk, biasanya di sekitar area kitchen island. Jika area kitchen island ini akan digunakan sebagai tempat makan, pastikan tempat duduknya memiliki jarak sekitar 30 hingga 40 cm antara meja dan lutut. Sedangkan jarak antara tempat duduk dan dinding atau benda lainnya diusahakan sekitar 100 hingga 150 cm.

kitc2

5. Ventilasi pada dapur masak

Ventilasi jelas harus diperhatikan di dapur karena akan ada banyak asap yang dihasilkan dari kegiatan memasak. Agar asap tersebut tidak menimbulkan bau tidak sedap, gunakanlah exhaust fan atau cooker hood untuk mengalirkan asap ke luar. Akan lebih baik lagi jika dapur masak memiliki sebuah jendela supaya ada udara luar yang masuk ke dalam sehingga dapur terasa lebih sejuk dan tidak pengap.

6. Penyimpanan peralatan pada dapur masak

Cara menyimpan peralatan masak juga bisa membuat dapur masak menjadi lebih efisien. Untuk dapur berukuran kecil, kehadiran kabinet bisa digantikan dengan tiang khusus atau rak dinding terbuka untuk meletakkan peralatan masak. Sedangkan untuk dapur berukuran besar, bisa membuat kabinet di bagian atas dapur sehingga dapur masak terlihat lebih rapi.

7. Desain dapur masak satu dinding

Desain dapur masak yang sering disebut sebagai dapur bentuk I ini hanya memiliki satu dinding. Desain ini cocok untuk rumah berukuran kecil. Ada banyak trik yang bisa dilakukan pada dapur kecil, salah satunya membangun desain yang cukup efisien karena para ibu tidak perlu berjalan jauh saat ingin membuka lemari es kemudian beralih ke tempat cucian. Ruang dapur pun akan terlihat lebih besar dan nyaman.

8. Desain dapur masak galley

Desain dapur masak yang berikutnya sering juga disebut sebagai dapur koridor. Pada dasarnya, dapur masak ini berbentuk persegi panjang dengan peralatan dan perabotan yang diletakkan pada sisi kanan dan kiri. Untuk gerakan memang terasa lebih efisien, namun sayangnya tidak bisa menempatkan kitchen island di sini karena akan mengganggu jalur lalu lalang.

9. Desain dapur masak berbentuk L

Desain dapur masak yang berbentuk L ini merupakan perluasan dari dapur masak satu dinding dengan melebarkan area ke satu dinding di sebelahnya. Dapur masak dengan desain ini juga cocok untuk menerapkan konsep kitchen work triangle dan dibangun untuk hunian berukuran sedang hingga besar.

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>