Desain Interior, Kontraktor & Furniture Jember
Hubungi kami: +62 -822 3644 4481 atau +62-812 3320 1275
12th Dec 2017 | by: admin

Sebuah rumah ideal adalah rumah yang bisa memenuhi kebutuhan penghuninya. Bagi yang beragama muslim, salah satu ruangan yang paling dibutuhkan adalah mushola. Tidak perlu ruangan yang terlalu besar, karena mushola minimalis yang simpel tapi modern bisa menjadi pilihan.

Mushola minimalis, selain tidak memakan banyak ruang di dalam rumah, juga tidak memakan banyak biaya saat pembangunannya. Desain interiornya pun bisa menyesuaikan konsep rumah secara keseluruhan. Berikut beberapa desain mushola minimalis untuk inspirasi Anda !

Musholla minimalis dengan cahaya dan sirkulasi udara alami

Anda  tidak perlu membuat jendela yang terlalu besar untuk mengikuti desain mushola minimalis yang satu ini. Yang penting, ada pertukaran udara dan cahaya matahari yang masuk. Di sisi lain, cahaya matahari dapat menghemat energi listrik di siang hari dan memberikan kenyamanan yang lebih di mushola minimalis ini. Jika memungkinkan, hindari penempatan jendela di arah kiblat. Selain cahaya matahari terbit yang akan menyilaukan di waktu subuh, kejadian di luar ruangan bisa mendistraksimu dan keluarga ketika beribadah.

Untitled-1

Musholla minimalis dengan warna yang lembut

Ruangan dengan dominasi warna-warna lembut akan membawa atmosfer yang menenangkan. Inilah sebabnya warna-warna lembut seperti putih dan krem sangat direkomendasikan untuk ruang ibadah, khususnya mushola minimalis. Seperti yang mungkin sudah diketahui, warna-warna terang bisa membuat ruangan terlihat lebih luas.

Musholla minimalis yang memiliki furnitur simpel

Tidak berlebihan kok, jika ingin mushola tampak lebih indah. Namun, karena mushola minimalis dalam rumah memiliki keterbatasan ruang, sangat penting untuk mengisinya dengan furniture fungsional, khususnya jika berukuran besar. Pilih kabinet terbuka atau berpintu kaca untuk menyimpan sajadah, mukena, Al-Quran, dan buku-buku religius lain. Kabinet jenis ini akan memberikan kesan yang modern dan lebih lapang pada ruangan.

Musholla minimalis dengan tempat wudhu

Ruang ibadah sholat tidak lengkap jika tidak memiliki tempat wudu—termasuk pada mushola minimalis. Untuk memudahkan Anda, anggota keluarga atau tamu yang akan sholat, tempatkan sarana wudhu di mushola.  Akan tetapi, perhatikan penempatannya, ya. Jangan sampai cipratan air wudu membasahi tempat sholat.

Musholla minimalis dengan dekorasi dinding Islami

Kaligrafi bertuliskan “Allah” dan “Muhammad”, ayat-ayat Al-Quran, merupakan pilihan dekorasi dinding yang menjadi pilihan banyak orang. Kesan religius yang ditimbulkan oleh dekorasi kaligrafi bisa menginspirasi kita dalam beribadah.

Tidak ada ruang khusus yang bisa dijadikan mushola? Jangan khawatir. Kami sudah menyiapkan solusinya, bagaimanapun, konsep mushola minimalis juga berarti memanfaatkan ruang yang seadanya tanpa menghilangkan fungsi dan unsur estetika ruangan tersebut.

Gunakan pembatas ruangan yang kokoh untuk sedikit menahan suara dari ruang keluarga. Pembatas ruangan kayu bisa menjadi pilihan karena selain materialnya yang kuat, jenis ini akan memberikan kesan hangat dan earthy di musholla minimalis dalam rumah.

Musholla minimalis dengan rak dekoratif

Jika Anda tidak ingin memenuhi ruang ibadah dengan kabinet atau lemari, rak yang menempel langsung di dinding bisa menjadi alternatif. Berfokus pada satu sisi ruangan, rak ini akan mempercantik musholla minimalis dengan nuansa deep, elegan dan simpel. Akan tetapi, Anda juga perlu memperhatikan penempatan peralatan ibadah, buku-buku, dan dekorasi lainnya di rak tersebut. Rak yang terlalu penuh justru akan membuat mushola minimalis yang ruangnya sudah kecil terasa sempit.

Untitled-1Untitled-1

Musholla minimalis dengan lampu dinding

Pencahayaan di musholla minimalis juga perlu menjadi perhatian. Jangan sampai lampu di ruang ibadah ini terlalu redup atau terlalu terang. Gunakan lampu dinding di dua dua sisi ruangan. Lampu dinding adalah salah satu jenis lampu yang paling ideal untuk mushola karena memberikan intensitas cahaya yang tepat dan menambah estetika ruangan.

Musholla minimalis dengan langit-langit tinggi

Jika memungkinkan, bangun mushola dengan langit-langit yang tinggi. Trik ini membuat mushola minimalis dalam rumah yang luasnya terbatas tampak lebih lapang. Selain itu, langit-langit yang tinggi juga membuat ruangan sejuk dan tidak pengap. Terlebih jika musholla minimalis ini dibangun dengan ventilasi udara yang minim, maka langit-langit yang tinggi adalah solusi untuk sirkulasi udara yang lebih baik.

 

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>