Desain Interior, Kontraktor & Furniture Jember
Hubungi kami: +62 -822 3644 4481 atau +62-812 3320 1275
29th Nov 2017 | by: admin

Rumah impian yang nyaman untuk keluarga tidak harus rumah yang besar dan luas, terkadang cukup dengan rumah mungil saja sudah bisa menghadirkan hunian yang nyaman untuk ditinggali bersama orang-orang tercinta. Tidak hanya nyaman, dengan ukurannya yang lebih compact, tentu rumah mungil tidak membutuhkan perawatan yang berlebihan dan tentunya dengan biaya yang tidak akan membuat kantong jebol. Simak berbagai inspirasi rumah mungil berikut!

1. Rumah Mungil dengan Permainan Level

Memiliki rumah mungil dengan lahan terbatas bukan berarti tidak bisa menghadirkan ruang lapang dan tidak sesak. Meski hanya satu lantai, dengan permainan level pada ruang-ruang tertentu, rumah mungil bisa terlihat lebih megah pada bagian eksterior, dan lebih luas pada bagian interior. Bagian void yang tinggi pada ruangan di rumah mungil bisa Anda manfaatkan untuk bermain dengan dekor ruangan dan dekorasi rumah yang digantung seperti lampu gantung ataupun material ceiling yang diekspos.

2. Maksimalkan Bukaan pada Rumah Mungil

Masih berbicara mengenai sirkulasi udara pada rumah mungil. Selain meninggikan ceiling, hal sederhana lain yang bisa di lakukan untuk membuat sirkulasi udara jadi lebih baik adalah dengan memaksimalkan bukaan yang ada pada rumah. Selain cahaya, bukaan pada rumah mungil sendiri akan membantu rumah menjadi terasa lebih luas dan tidak sesak. Jadi, jangan ragu untuk memaksimalkan ukuran jendela atau menggunakan pintu jendela yang tembus pandang. Bila diperlukan, menambahkan skylight pada ruang-ruang tertentu juga bisa jadi bentuk memaksimalkan bukaan pada rumah mungil.

 3. Rumah Mungil yang Menyatu

Salah satu keuntungan yang akan di dapatkan dengan memiliki rumah mungil adalah suasana kekeluargaan yang lebih hangat dan dekat karena terbatasnya lahan. Maksimalkan hal ini dengan meminimalisir sekat atau pembatas ruang dan buat area-area publik lebih menyatu.

Tidak hanya membuat aktivitas di dalam hunian menjadi lebih dekat, hal ini akan membantu rumah mungil menjadi terkesan lebih luas. Hilangnya sekat dan dinding juga akan membantu pergerakan udara serta pencahayaan jadi lebih baik.

4. Aplikasikan Warna-Warna Terang pada Rumah Mungil

Memiliki serta mengaplikasikan warna-warna favorit pada rumah mungil impianmu tentu sah-sah saja. Namun, kesalahan pemilihan warna akan membuat rumah yang sudah mungil, terasa makin sempit. Pilihlah warna favoritmu dalam tone warna yang lebih terang sehingga rumah mungil tetap terasa nyaman. Sifatnya yang kontras akan membuat warna hitam tetap menonjol pada rumah mungil namun tidak membuat rumah terasa gelap. Untuk membuat pilihan warna para rumah mungil tidak membosankan, memilih warna gradasi juga bisa jadi pilihan aman untukmu.

5. Rumah Mungil Minimalis

Gaya minimalis adalah gaya andalan ketika Anda dihadapkan pada masalah hunian dengan lahan terbatas seperti rumah mungil. Rumah mungil bergaya minimalis tidak akan membuat rumah terasa lebih nyaman karena proporsi yang pas, tetapi juga terasa lebih luas karena tidak akan terlalu memangkas banyak kebutuhan ruang. Karena desain rumah mungil sebenarnya adalah desain interior rumah yang tidak memerlukan banyak biaya.

Aplikasikanlah warna-warna netral dan basic pada rumah mungil untuk atmosfer minimalis yang lebih kuat. Jika memang Anda ingin menggunakan lebih dari satu warna agar ruangan tak terkesan monoton, hindari penggunaan banyak warna yang saling kontras. Pilihlah warna yang masih memiliki tone yang menyerupai atau satu palet sehingga komposisi warna jadi lebih harmonis dan tidak monoton.

6. Rumah Mungil Bergaya Mewah? Bisa!

Ada beberapa material yang bisa jadi pilihan agar rumah mungil terkesan mewah namun nggak terasa sesak. Seperti penggunaan panel cermin dan kristal pada desain interior ruang. Jika Anda ingin menggunakan batu alam seperti marmer atau onyx untuk kesan yang lebih mewah, pilihlah batu dengan urat yang tidak terlalu banyak, kontras, dan abstrak sehingga tetap terlihat nyaman jika diaplikasikan pada rumah mungil.

7. Sentuhan Natural pada Rumah Mungil

Salah satu cara menghadirkan suasana hangat dan bersahabat pada rumah mungil adalah dengan mengaplikasikan elemen-elemen natural ke dalam interior ruangan. Anda bisa menggunakan perabot dengan material kayu yang diekspos ataupun dekorasi-dekorasi natural lainnya. Memberikan pola floral pada kursi atau karpet bisa saja dilakukan untuk menghiduplan kesan natural. Namun, hindari pola yang terlalu kecil dan padat sehingga rumah mungil menjadi terasa lebih sempit.

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>