Desain Interior, Kontraktor & Furniture Jember
Hubungi kami: +62 -822 3644 4481 atau +62-812 3320 1275
24th May 2017 | by: admin

Untuk mengatasi keterbatasan ruang, tak sedikit rumah minimalis yang menerapkan konsep dapur terbuka. Artinya, dapur sengaja ditempatkan menyatu dengan halaman belakang.

Keuntungannya, Anda akan lebih nyaman saat memasak karena bisa menghirup udara segar. Aroma bumbu dapur pun akan lebih cepat menguap dan tidak perlu memenuhi ruangan di dalam rumah.

Kekurangannya, kegiatan masak-memasak menjadi kurang nyaman saat cuaca sedang ekstrem, seperti hujan lebat atau kemarau dengan suhu tinggi.

Pilih furnitur kecil

Meski halaman belakang Anda cukup besar, jangan sepenuhnya dibangun untuk dapur. Sisi luar halaman tetap digunakan sebagai taman. Tambahkan batuan di tanahnya agar air hujan yang jatuh ke tanah tidak mengotori lantai dapur di dekatnya. Lalu, tambahkan tanaman di dalam pot untuk mempercantik dapur Anda.

Gunakan kanopi

Jika Anda tidak menggunakan atap tertutup, biasanya Anda akan memilih kanopi. Namun, karena cahaya matahari akan tembus ke bawahnya, jangan seluruh atap menggunakan kanopi ini. Cukup gunakan di bagian yang terbuka. Besanya kanopi di bagian halaman dapat dibuka dan ditutup kembali.

Gunakan kayu yang kuat sebagai kitchen set

Jika Anda menggunakan kitchen set, gunakanlah kayu yang tak mudah lapuk. Pasalnya dapur terbuka memudahkan furnitur terpapar sinar matahari dan dinginnya cuaca saat hujan sehingga menyebabkan furnitur kayu cepat lapuk. Untuk lemari di bagian bawah, lapisi dengan keramik.

Bersihkan setiap minggu

Bersihkan furnitur dan lemari dapur Anda setiap minggu karena mudahnya terpapar debu. Selain itu, jangan meletakkan peralatan makan terlalu lama di dapur terbuka agar tak cepat kotor.

Bila memang Anda terpaksa meletakkan di luar karena area di dalam sudah penuh, rutinlah mencuci peralatan makan untuk mencegahnya terpapar debu dan bakteri.

Pastikan tertutupnya saluran air

Bagian halaman belakang sering dilengkapi dengan lubang saluran air. Saluran air ini harus ditutup dengan sekat yang masih memudahkan air mengalir.

Jika tidak, hewan pengganggu seperti tikus akan mudah memasuki rumah Anda. Bersihkan pula sampah sisa makanan setiap hari untuk mencegah datangnya lalat dan kecoa.

 

Sekian artikel yang saya buat, semoga bermanfaat.

 

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>