Desain Interior, Kontraktor & Furniture Jember
Hubungi kami: +62 -822 3644 4481 atau +62-812 3320 1275
19th Jun 2017 | by: admin

Karpet, meskipun tampak sepele, tapi perbedaan yang dibuatnya ketika diletakkan pada suatu ruangan bisa berdampak sangat besar. Anda tak hanya membeli karpet berdasarkan motif atau warna yang Anda suka, tapi Anda juga harus mempertimbangkan kegunaan, fungsi berdasarkan ruangan, serta bagaimana nantinya suasana ruangan tersebut setelah adanya karpet yang Anda pilih. Anda pasti tak mau membuang uang untuk karpet mahal yang tampil salah tempat, atau bahkan malah mengganggu fungsi ruangan rumah. Berikut ini adalah 5 tips bagimana cara yang tepat untuk memilih karpet pada hunian Anda.

1. Pilih karpet berdasarkan fungsi ruangan 

Karpet yang lembut cocok digunakan untuk kamar tidur yang paling membutuhkan kenyamanan tapi tak memiliki aktivitas tinggi. Karpet dengan bahan yang mudah dibersihkan bisa diletakkan di bawah meja makan, karena tak tertutup kemungkinan ada makanan yang jatuh. Karpet dengan bulu pendek dan berkualitas baik dapat digunakan di area ruang keluarga untuk tempat berkumpul yang nyaman. Anda harus mempertimbangkan dulu bagaimana penggunaan dan fungsi suatu ruangan sebelum membeli karpet sehingga tak salah dalam penempatannya.

2. Polos atau motif?

Yang kedua dan tak kalah penting dalam memilih karpet adalah mana yang paling pas bermotif atau polos saja? Coba lihat dulu sekeliling ruangan Anda, jika sudah terlalu banyak perabotan dan ruangan terasa penuh, pilih karpet yang menggunakan 1 warna saja. Tapi jika ruangan tampak terlalu polos dan terasa lapang, coba karpet bermotif untuk membuat mata menuju ke area di atas karpet. Pilih karpet bermotif playful untuk diletakkan di kamar anak, sedangkan di kamar tidur Anda, pilih karpet dengan motif elegan.

3. Warna

Warna juga merupakan salah satu faktor yang penting ketika memilih karpet. Karpet dengan warna gelap memberikan kesan yang lebih berat dan elegan ke dalam ruangan. Karpet dengan warna yang terang yang netral bisa dengan mudah membaur dan menampilkan kesan yang lebih ringan. Karpet dengan warna pop yang mencolok membuat suasana ruangan lebih hidup dan ceria.

4. Bahan dan material karpet

Sekarang mulai banyak ditemui karpet dengan bahan alami seperti wol, rami, dan sebagainya. Untuk Anda yang alergi debu dan ada anggota keluarga yang asma pertimbangkan untuk memilih material karpet yang tepat sehingga tak mengganggu kesehatan keluarga Anda. Yang paling sering digunakan sebagai bahan karpet adalah bahan wol. Kelebihannya selain mudah dibersihkan adalah karena material wol hangat dan awet. Ada tersedia beragam pilihan karpet di pasaran, tinggal tanyakan ke penjual karpet apa saja bahannya dan cek apakah aman digunakan untuk di rumah Anda.

5. Budget dan pemeliharaan

Karpet bisa jadi menyita anggaran Anda, jadi sebaiknya alokasikan dulu dana Anda dengan cermat sebelum memutuskan membeli karpet. Anda bisa meminta penawaran harga dari penjual lalu membandingkan dengan toko lain untuk mendapatkan karpet yang paling sesuai dengan budget Anda. Selain itu pertimbangkan juga faktor pemeliharaan karpet, pilih yang paling mudah dibersihkan sehingga tak menghabiskan biaya lagi di akhir ketika Anda sudah terlanjut membeli. Pertimbangkan lagi jika perlu perawatan ekstra untuk salah satu karpet Anda.

Setelah melihat beberapa tips di atas, kini Anda jadi tahu untuk tak sembarangan membeli karpet bukan? Perlu banyak pertimbangan dan pilihan untuk menentukan yang mana yang terbaik untuk keluarga Anda. Sesuaikan penggunaan karpet dengan kebutuhan Anda, dan jangan salah pilih lagi!

 

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>