Desain Interior, Kontraktor & Furniture Jember
Hubungi kami: +62 -822 3644 4481 atau +62-812 3320 1275
7th Aug 2017 | by: admin

Tips menata interior dalam ruangan panjang & sempit

Lahan yang lebar memang berharga lebih mahal. Umumnya tanah kavling memiliki lebar agak sempit dan memanjang. Rumah yang dibangun di lahan ini pun akhirnya memiliki ruangan yang kecil memanjang. Bingung bukan, bagaimana cara menata perkakas di dalamnya. Jangan khawatir, kami sudah menghimpun informasi untuk memudahkan Anda menata ruangan tersebut.

(Baca Juga Desain Interior Kantor)

Maksimalkan gaya dan desain unik

Ciptakan detail sederhana yang membuat ruangan sempit jadi lebih maksimal, tanpa mengurangi keindahan ruangan tersebut. Misalnya di kamar tidur, ganti nakas dengan meja belajar/kerja, sehingga bisa berfungsi ganda. Pilih lampu gantung dengan kabel panjang, untuk menghemat penggunaan tempat.

Pembagian Ruang

Ruangan yang panjang bisa dibagi menjadi beberapa bagian, misalnya area makan dan ruang TV. Pemisahnya hanya dengan peletakan sofa, meja, atau karpet. Dengan begitu, sudah nampak seolah ada 2 ruangan.

Gunakan cermin

Cermin akan membuat ruangan terasa lebih lebar dan lega. Letakkan cermin di sisi panjang, bukan di sisi pendek, karena malah akan membuat ruangan makin terasa panjang.

Bermain tekstur

Tentu setiap orang berpikir bahwa tekstur dan banyak motif akan membuat ruangan terasa penuh. Karenanya, banyak orang memilih motif polos untuk mengisi ruangan kecil. Sebaiknya, seimbangkan sesuatu yang plain tersebut dengan tambahan sedikit tekstur dan motif, agar ruangan terasa lebih hangat.

Perabot yang tersebar

Hindari meletakkan perabot hanya di satu sisi. Hal ini malah akan membuat ruangan terasa seperti koridor. Jangan ragu meletakkan perkakas di semua sisi, sehingga ruangan akan terkesan lebih ’round’.

Warna

Pilih warna-warna yang terang dan lembut agar ruangan terasa lebih luas. Misalnya warna kuning pastel, krem, putih, dan hijau muda.

Hindari kesan koridor

Gabungkan berbagai jenis furnitur agar ruangan tidak semakin terasa panjang. Misalnya dengan aneka kursi yang mengelilingi meja kecil. Jangan hanya menaruh 1 sofa panjang di sisi dinding.

Pencahayaan

Lampu sebaiknya diletakkan di kedua sisi yang sempit, sehingga cahaya bisa menyebar ke berbagai sisi. Bila perlu, tambahkan satu atau 2 lampu yang redup di kamar tidur.

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>