Desain Interior, Kontraktor & Furniture Jember
Hubungi kami: +62 -822 3644 4481 atau +62-812 3320 1275
19th Dec 2017 | by: admin

Sebagian besar ide untuk memanipulasi interior ruang tamu kecil agar terlihat luas adalah dengan memberikan efek tipuan mata, hal ini bertujuan untuk menampilkan ruangan terlihat lebih luas. Strategi semacam itu dapat mengubah area yang terasa sempit dan sesak menjadi lebih nyaman dan tampak estetis. Salah satu kuncinya adalah dengan cara memaksimalkan cahaya dan ruang, selain itu perhatikan penggunaan warna, ukuran dan berat ini bisa membuat perbedaan. Anda tidak perlu minder jika punya ruang tamu kecil, bisa kok dibuat lebih luas! Inilah beberapa cara untuk membuat ruang tamu terasa lebih luas.

Gunakan Cermin sebagai Dekorasi pada Ruang Tamu Kecil

Para desainer senang menjadikan cermin sebagai salah satu cara menciptakan ilusi ruangan luas. Anda dapat menempatkan cermin secara strategis di beberapa tempat untuk membuat ruang tamu kecil terlihat lebih besar.  Cermin berfungsi untuk memantulkan cahaya dan menambahkan suasana yang menyenangkan, Anda dapat meletakkannya di balik sumber cahaya seperti lampu atau lilin.

Arahkan Perhatian ke Atas

Sebuah ruangan memiliki dimensi horizontal sekaligus vertikal. Jika ruang tamu memiliki langit-langit yang tinggi, manfaatkan ruang ekstra dengan menghiasnya dengan cara yang menarik perhatian ke atas. Memakai jenis tirai atau gorden panjang hingga menyentuh lantai adalah salah satu caranya. Ide lainnya adalah mengisi ruang vertikal dengan menggantungkan karya seni dari ukuran kecil hingga menengah. Teknik ini akan membuat ruangan terasa lebih besar dari yang sebenarnya, karena orang-orang yang berkunjung akan memandangi karya seni.

Gunakan Warna Netral untuk Ruang Tamu Kecil

Salah satu ide untuk ruang tamu kecil yang paling populer adalah penggunaan warna netral di dinding, lantai, plafon dan pelapis furnitur. Warna-warna lembut juga membantu memberikan penerangan bagi ruang tamu kecil karena akan memantulkan cahaya. Warna putih dapat menjadi pilihan tepat bagi ruang tamu kecil karena warna ini dapat menyebarkan cahaya secara merata ke seluruh ruangan, sehingga ruangan terlihat lebih luas.

Pilih Perabotan yang Ringan

Konsep bobot visual ini mengacu pada bobot yang dapat dirasakan berdasarkan ukuran, warna dan desain sebuah benda. Pilihlah perabotan dengan potongan yang memiliki penampilan ringan untuk ruang tamu kecil, karena benda yang memiliki potongan besar dan terkesan berat akan mempersempit ruang. Anda juga dapat mempertimbangkan untuk memilih perabotan dengan warna pucat dibandingkan yang berwarna gelap. Jika Anda berpikir untuk membeli meja kopi untuk interior ruang tamu kecil, pilih meja kopi yang berbahan kaca. Setiap perabotan atau dekorasi yang tidak menghalangi pandangan akan membuat ruang tamu kecil tampak lebih terbuka dan tentunya lebih luas.

Pilih Perabotan Berukuran Kecil

Anda dapat memilih perabotan yang kesannya tidak terlalu “kuat”. Hindari perabotan besar yang memberi kesan mendominasi ruangan. Sofa dengan sandaran lengan kurus dan sandaran punggung yang padat lebih cocok untuk ruang tamu kecil dibandingkan dengan sofa yang memiliki sandaran lengan besar dan bantalan punggung yang berlapis-lapis. Jika ruang tamu memiliki ukuran yang begitu kecil, seperti ruang tamu apartemen, Anda dapat menghapuskan opsi kursi sofa dari perabotan ruang tamu. Saat memilih kursi, utamakan pilihan kursi yang tanpa lengan karena mereka akan menghabiskan lebih sedikit ruang.

Ruang Tamu Kecil: Untuk Rumah atau Apartment?

Seperti umumnya desain rumah atau apartemen masa kini, minimalis tidak selamanya membosankan. Kesan rapi dan bersih menjadi salah satu keunggulan desain minimalis. Anda tidak perlu bingung jika memiliki ruang tamu yang tidak begitu luas alias ruang tamu kecil, karena kebanyakan rumah atau apartemen saat ini didesain seperti itu untuk memunculkan kesan minimalis. Namun, jika Anda menginginkan  interior ruang tamu yang kesannya lebih ramai dan tetap terlihat luas, cara-cara di atas merupakan salah satu cara untuk mendapatkan ruang tamu kecil yang jauh dari kesan sempit dan tetap menarik. Tidak harus selalu mengurangi perabotan yang ada di ruang tamu, kunci utama menciptakan interior ruang tamu kecil yang estetis adalah mengatur posisi perabotan tersebut.

 

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>